Senin, 30 November 2009

sahabat ?????


Ketika seseorang bertanya kepada saya apa itu sahabat dan makna sahabat bagi saya, sejujurnya saya bingung mau jawab apa. Karena dari dulu, saya sedikit bingung untuk mendefinisikan apakah itu sahabat… Tetapi setelah beberapa lama berada di Yogya, saya mulai menyadari apa makna sahabat bagi saya dan juga siapakah yang saya sebut sebagai sahabat.

Banyak orang beranggapan sahabat adalah tempat berbagi, tempat untuk curhat dan juga teman untuk jalan2, dll… Ada orang yang mengatakan sahabatnya adalah teman yg sehobi dengan dirinya, misalnya sama-sama suka shopping, gosip dll. Bagi sebagian lagi, sahabat adalah org yg sifatnya sama seperti dirinya, jahilnya, nakalnya, rajinnya, dll… Ada juga org yg mengatakan sahabat adalah org yang mengerti dirinya, seseorang yang begitu memahami kepribadian dirinya.. Menurut KBBI online dari Diknas sahabat adalah kawan; teman; handai. Dari semua pengertian itu kita mengetahui bahwa ada banyak sekali definisi dari sahabat, dan definisi setiap orang mungkin saja berbeda.

Saat ini, apabila Anda bertanya kepada saya mengenai sahabat maka saya akan mengatakan bahwa sahabat bukanlah hanya sebagai teman sepermainan ataupun teman sehobi. Saya melihat sahabat sebagai seseorang yang memiliki pemikiran2 yang terbuka, sahabat bagi saya adalah seseorang yang bisa saya ajak berdiskusi atas masalah-masalah yang bukan hanya saya hadapi tetapi juga masalah-masalah di luar masalah pribadi saya. Sahabat bagi saya bukanlah orang yg harus saya temui setiap hari secara langsung, karena makna sahabat bukanlah intensitas pertemuan. Makna sahabat bagi saya jauh lebih luas dari itu.

Saya ingat, ketika saya baru kuliah di Yogya, saya merasa kesepian sekali, rindu akan rumah dan teman2 saya. Tetapi lambat laun perasaan itu mulai lenyap karena di yogya saya mulai mengenal teman2 baru saya. tetapi, ada 1 hal yang kurang bagi saya yaitu, sahabat-sahabat saya. Untunglah, saya terkoneksi dg internet demikian juga dg sahabat2 saya. Melalui koneksi internet, saya dan sahabat2 saya bisa saling berkomunikasi walaupun tidak setiap hari.

Satu hal yang saya banggakan dari sahabat-sahabat saya adalah pola pikir mereka dan juga hobi mereka. Kami jarang menghabiskan waktu untuk jalan-jalan atau kumpul bareng untuk shopping-shopping. Kalau org2 lain suka pergi ke mal untuk shopping-shopping maka saya dan sahabat2 saya malah ke mal untuk makan, nonton bioskop bahkan selalu ke toko buku. Aneh mungkin bagi sebagian orang, persahabatan seperti apa itu… Tapi bagi saya, itulah makna persahabatan kami. Saya ingat sebuah tulisan teman saya di blognya, tapi saya cari2 ga ketemu lagi post nya.. kalau ga salah, dia bilang kami ini ga pernah main2 ato ngelakuin kegiatan yg girly2… hehe… tapi tetap saja kami dekat.. ^^

Dulu, kami suka gosip2 bareng. Ngomongin orang la ato ngejek2 orang tetapi sekarang kami telah mulai berubah. Setiap kali kami berdiskusi, topiknya tak lagi tentang gosip2 hangat walaupun terkadang masih sering muncul topik itu.. ^^ Kami banyak membicarakan mengenai kehidupan, mengenai hidup kami, dan juga mengenai topik2 hangat di dunia mulai dari isu-isu politik, ekonomi bahkan mengenai misteri kematian D. Yah, kami telah menjadi lebih dewasa, saya merasa dengan kedewasaan itulah saya menjadi makin memahami makna sahabat. Persahabatan kami merupakan sesutau yang hangat, unik dan cerdas sepertinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar